cara membuat kolam ikan dari hebel
Properti

Cara Membuat Kolam Ikan dari Hebel yang Awet dan Anti Bocor

Bagaimana sih cara membuat kolam ikan dari hebel supaya awet dan anto bocor?  Hebel, sebagai bahan bangunan berupa bata ringan, telah menjadi pilihan utama dalam konstruksi dinding. Kekuatan, tahan api, isolasi termal, dan ketahanan yang baik menjadi kelebihan utama hebel, meskipun harganya cenderung lebih mahal dan ukurannya lebih besar.

Material ini bisa menjadi pilihan Anda, tidak hanya untuk rumah, tapi juga kolam ikan. Hasilnya lebih kokoh, tahan lama, dan bagus.

Meski demikian, biasanya membuat kolam harus lebih cermat supaya tidak retak dan mengalami kebocoran setelah selesai dibuat. Jadi, selain material utama untuk pembuatan kolam ikan, Anda juga perlu siapkan pelapis anti bocor untuk kolam ikan sebagai finishing atau perbaikan saat terjadi keretakan pada kolam yang sudah ada.

Cara Membuat Kolam Ikan dari Hebel Supaya Awet dan Tahan Kebocoran

Kolam ikan mungkin bukan hal yang pokok dalam sebuah bangunan. Ini merupakan jenis hiburan bagi pemilik rumah supaya lebih betah, karena kehadiran ikan yang cantik bisa memberikan estetika dan kesejukan bagi yang melihatnya.

Lalu, bagaimana cara membuat kolam ikan dari hebel supaya awet dan tidak bocor? Simak selengkapnya.

contoh kolam ikan minimalis dari hebel
Contoh kolam ikan minimalis dari hebel, sumber: Tamanproject.com

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai pembuatan kolam, pastikan Anda telah mengumpulkan hebel yang dibutuhkan. Pastikan hebel telah dibasahi dan dikeringkan dengan baik untuk memastikan kestabilan dan kekuatannya. Selain itu, siapkan juga semen, pasir, dan paralon untuk lubang air.

2. Siapkan Alat

Beberapa alat yang dibutuhkan termasuk penggaris, pengaduk semen, bor, pengkilap, dan pemotong hebel. Alat ini akan membantu Anda membentuk hebel menjadi potongan-potongan yang dibutuhkan sesuai desain kolam ikan yang diinginkan dan mengokohkan konstruksi kolam dengan semen.

3. Membuat Potongan Hebel

Gunakan alat pemotong untuk memotong hebel menjadi potongan sesuai ukuran kolam yang diinginkan. Pastikan potongan hebel sesuai dengan kebutuhan dinding dan lantai kolam.

Namun, kebanyakan bahan hebel akan dipasang sesuai bentuk aslinya. Potongan diperlukan untuk melengkapi bagian yang masih kosong.

4. Membuat Dinding Kolam

Cara membuat kolam ikan dari hebel selanjutnya adalah membuat dindingnya. Tempatkan potongan hebel secara berurutan untuk membentuk dinding kolam. Pastikan dinding tersebut rata dan kokoh. Gantikan potongan hebel di belakang dengan potongan yang lebih panjang untuk memastikan kestabilan.

5. Membuat Lantai dan Lubang Air

Setelah dinding terbentuk, susun potongan hebel di bagian bawah dinding untuk membentuk lantai kolam. Pilih potongan hebel yang sesuai untuk lantai agar tetap kuat dan stabil. Jangan lupa menambahkan lubang di bagian bawah yang bisa ditutup buka kapan saja untuk mengganti air secara berkala.

6. Rekat dan Ratakan Material Dinding dan Lantai Kolam

Setelah dinding dan lantai terbentuk, isi kolam dengan campuran aduk (semen dan pasir) atau material lainnya untuk menjaga stabilitas dan kualitas air dalam kolam.

7. Tambahkan Pelapis Anti Bocor

Sebelum mengisi kolam ikan dengan air, pastikan Anda menambahkan pelapis anti bocor untuk kolam ikan yang terbaik untuk menjaga dari kebocoran. Kolam juga lebih awet dan tahan lama. Setelah itu, Anda bisa tambahkan kebutuhan estetika seperti lampu, cat, keramik, dan lain-lain sesuai kebutuhan dan selera.

8. Menambahkan Air

Tambahkan air ke dalam kolam hingga mencapai level yang diinginkan. Pastikan kolam terisi penuh untuk memastikan kenyamanan bagi ikan yang akan ditempatkan di dalamnya.

9. Menjaga Kolam

Setelah kolam terisi, perhatikan dan jaga kebersihan kolam secara rutin. Lakukan pergantian aor dengan membuang air lama ke bagian lubang dan menggantinya lagi dengan yang baru saat diperlukan. Ini dapat membantu menjaga kualitas air dan mencegah masalah yang mungkin timbul.

PRO-X 207, Rekomendasi Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Ikan

PRO-X 207 pelapis anti bocor untuk kolam ikan

Pelapis anti bocor untuk kolam ikan ini menjaga kekedapan air kolam. Salah satu merek terpercaya adalah PRO-X 207. Produk ini, diformulasikan oleh dua brand ahli, No Drop dan MU – Mortar Utama, memiliki keunggulan tahan air dua kali lipat, ketahanan lama dua kali lipat, dan kemudahan aplikasi.

PRO-X 207 terdiri dari dua komponen utama, yaitu Komponen A – Cairan dan Komponen B – Bubuk, yang tidak dapat dicampur dengan produk lain. Campurkan keduanya dengan perbandingan 1:4 untuk mendapatkan hasil maksimal. Produk ini aman digunakan pada kolam ikan, tidak mudah lepas, dan tidak meracuni biota air di dalamnya.

Untuk mendapatkan PRO-X 207, kamu dapat mencarinya di toko-toko terdekat atau mengunjungi Mortar Utama Official di e-commerce kesayangan Anda.

Dengan mengikuti cara membuat kolam ikan dari hebel di atas dan menggunakan pelapis anti bocor yang tepat, Anda dapat membuat kolam ikan yang kokoh, estetis, dan tahan lama. Pastikan untuk selalu memilih bahan berkualitas dan mengikuti panduan dengan cermat untuk hasil yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.